Total Tayangan Halaman

Minggu, Juni 17

Indah Saling Berbagi

Teman-teman ngobrolku Sabtu awal Mei lalu ada benarnya. Blogger Indonesia memang jarang berbagi tentang ilmu yang mereka miliki dan kuasai. Ini berbeda dengan blogger luar negeri, contohnya saja Amerika Serikat, yang rajin membagi keahlian mereka lewat blog.
Obrolan itu terjadi ketika kami batal main futsal. Teman-teman anggota Bali Blogger Community (BBC) -Dek Didi, Gus Tulang, Agung Ardana, Aprian, dan aku- duduk lesehan di samping lapangan sambil ngobrol ke sana ke mari. Aku suka dengan suasana yang spontan, ide yang mengalir, dan tema yang kami diskusikan.
Tidak hanya suka, aku juga mengamininya. Memang inilah mungkin salah satu masalah di dunia blogging Indonesia. Terlalu banyak yang mengumbar pengalaman personal dibanding ilmu yang dikuasai.
Aku salah satunya. Aku baca kembali blogku, isinya memang justru lebih banyak cerita-cerita personal dan jelas tak penting bagi orang lain. Ini berangkat dari pemikiran bahwa blog memang tempat untuk merayakan hal-hal tak penting tentang diri kita atau apa-apa yang bagi orang lain mungkin tak penting tapi menurut kita penting. Sederhananya tidak ada yang tak penting di blog.
Sekali lagi ini tidak masalah.
Masalahnya kadang-kadang terjadi justru ketika aku mencari sesuatu yang aku perlu. Aku cari di Google dan yang kutemukan justru sesuatu yang menurutku gak nyambung sama sekali. Di sisi lain aku sendiri justru merasa bahwa aku seharusnya bisa membagi apa yang aku tahu tentang hal itu.
Misalnya saja soal teknik menulis. Memang aku bukan orang yang sangat ahli. Tapi untuk sekadar berbagi teknik menulis rasanya bukan sesuatu yang susah bagiku. Toh aku juga sudah punya beberapa tulisan tentang hal ini.
Masalahnya justru ketika aku mau nulis soal teknik menulis misalnya itu di blog, misalnya, sudah ada perasaan minder terlebih dulu. Takut dianggap ngeminter alias sok pinter. But ternyata apa yang kutemukan di internet kemudian ya tak lebih banyak dibanding yang aku tau.
Jadi ya sudahlah. Akhiri saja perasaan takut dianggap sok itu. Mari mulai rajin membagi ilmu yang kita tahu. Seperti kata Gus Tulank, berbagi toh tak pernah rugi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar