Total Tayangan Halaman

Minggu, Juni 17

Habis bloging lanjut posting

Jalan-jalan ke blog orang lain (blog walking) adalah salah satu hal yang biasa dilakukan blogger. Kalau bagiku sendiri sih tujuan blog walking ini karena empat alasan.
Pertama, ingin tahu hal terbaru dari blogger lain. Menariknya ngeblog itu kan karena apa yang ada di blog itu cenderung personal. Jadi asik saja baca tulisan orang lain yang tidak mungkin ada di media umum itu. Blog adalah tempat orang-orang biasa bisa cerita dengan segala kesederhanaan dan kemanusiaan mereka sendiri. Kedua, karena kunjungan balasan. Tidak enak saja kalau ada blogger berkomentar di blogku lalu aku tidak klik balik blog teman tersebut. Biasalah. Ada aksi ada reaksi. Meski tidak semua komentator bisa dikunjungi balik, namun setidaknya aku sudah berusaha untuk itu.
Ketiga, menambah teman. Meski banyak blogger yang kutemui di dunia maya ini belum pernah ketemu secara fisik, namun kalau baca blog mereka itu seperti ngobrol asik dengan seorang teman. Asiknya lagi kalau selesai blog walking itu lalu memberikan komentar. Nah, memberi komentar ini adalah bagian dari alasan keempat: tebar pesona lewat komentar. Sambil kita berkomentar di sana, kita berharap blogger itu akan balik berkunjung seperti alasan nomor dua. Jadi ini ada pamrih di balik komentar. Hehe..
Masalahnya kadang-kadang sebel juga kalau sudah capek-capek blog walking namun tidak hal baru di blog teman tersebut. Apalagi aku sudah pernah kasih komen sebelumnya di postingnya yang terakhir. Aku langsung mikir, “Aduh ini kok gak diupdate-update sih?”
Tiap orang punya alasan masing-masing untuk tidak rajin update blognya. Nah, dua alasan, seperti yang sering aku alami sendiri adalah karena tidak adanya waktu dan ide. Kalau karena alasan waktu, ini memang susah. Apalagi kalau blogger itu memang ngeblog karena hobi, bukan untuk cari uang. Jadi ya suka-suka saja kapan mau posting alias nulis.
Tapi kalau tidak posting karena tidak ada ide, nah ini dia yang gawat. Jangan-jangan mencari ide untuk ngeblog atau posting bagi sebagian orang memang susah. Soalnya menurutku banyak banget hal yang bisa ditulis di blog.
Berangkat dari pengertiannya sebagai web log alias catatan harian di website, maka tentu cerita tentang diri sendiri adalah hal paling mungkin untuk ditulis. Bisa saja tentang apa yang kita lakukan, di mana, kapan, sama siapa, bagaimana kejadiannya, bagaimana perasaan kita, dan seterusnya. Soal orang lain tertarik atau tidak sama tulisan itu ya terserah si pembaca. Orang kita ngeblog memang untuk menceritakan diri sendiri. Kalau tidak narsis, tentu bukan blogger namanya.
Pembenaran lebih intelek (hehe) dari narsisme blogger adalah karena sesuatu yang besar pun terdiri dari banyak hal kecil. Dunia terdiri dari berbagai negara. Negara terdiri dari berbagai provinsi. Provinsi terdiri dari berbagai kota. Dan seterusnya hingga unsur paling kecilnya adalah satu orang. Jadi tidak mungkin kita ngomong sesuatu yang besar tanpa ngomong tentang satu orang alias blogger itu sendiri. Hehe..
Kedua, selain tentang kegiatan sehari-hari, ide untuk posting juga bisa datang dari apa yang ada di sekitar kita. Pacar, adik, kakak, tetangga, teman, dan seterusnya bisa jadi bahan yang asik untuk diposting. Ketiga, ide posting juga bisa datang dari media massa seperti koran, majalah, TV, dan seterusnya. Ini sih kecenderungannya kalau mau nulis sesuatu yang bersifat mengkritisi.
Kalau menurut teori jurnalistik sih cara menulis opini tentang sesuatu begini cukup dengan mendeskripsikan apa yang terjadi lalu memberinya penilaian. Misalnya maraknya penangkapan preman di Denpasar saat ini. Bagaimana sikap kita? Kenapa kita bersikap demikian? Apa buktinya? Dan seterusnya. Btw, teori ini memang gampang. Tapi aku sendiri tidak bisa juga nulis opini yang bagus sampai sekarang. Bisanya cuma nulis di blog sendiri. Hihihi..
Nah, selain tiga cara mencari ide posting tersebut (diri sendiri, orang lain, dan media massa), aku juga baru sadar beberapa hari ini kalau ternyata blog walking juga bisa jadi salah satu sumber mencari ide bahan posting. Jadi ketika jalan-jalan ke blog orang lain, sering kali aku dapat ide baru untuk membuat posting. Bisa saja aku punya pengalaman sama atau aku ingin bercerita tentang tema yang sama meski beda sudut pandang dan seterusnya.
Tapi kadang tidak ada posting baru pada blog orang lain pun ternyata bisa memunculkan ide baru untuk nulis. Salah satunya ya posting ini. Jadi, aku memang harus rajin-rajin blog walking biar bisa rajin posting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar